Yang Membedakan Colocation Server Dan Dedicated Server

Jika kamu tidak asing dengan dua kata tersebut, apakah kamu mengetahui apa arti dari istilah keduanya? Colocation server adalah layanan di mana Anda menaruh server di data center orang lain atau penyedia layanan colocation server. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli infrastruktur ruangan data center dan memperkerjakan ahli IT untuk mengelolanya. Biasanya Anda hanya cukup menyediakan server dan penyimpanan dan di serahkan pada penyedia layanan tersebut CBTP.

Penyedia layanan colocation server itu akan menyediakan bangunan/tempatnya, pendingin, daya, bandwidth, dan keamanan fisik. Jadi Anda bisa lebih fokus menangani bisnis utama Anda tanpa terbebani masalah IT. Tentunya manajemen server bisa dikendalikan kepada Anda sepenuhnya jika Anda mengambil opsi (unmanaged colo), kecuali jika layanan yang Anda ambil adalah managed colo maka penyedia layanan tersebut akan membantu mengelola servermu.

Apa Itu Dedicated Server?
Dedicated server adalah layanan di mana Anda menyewa server di penyedia hosting, jadi website Anda memiliki server khusus untuk Anda sendiri. Ini menawarkan kekuatan dan fleksibilitas luar biasa, tetapi biasanya datang dengan harga premium. Karena itu, penting melakukan riset untuk memilih menggunakan layanan ini sebelumnya.

Misalnya, sebagian besar situs web memulai dengan paket shared web hosting namun website berkembang dan traffic tinggi sehingga shared hosting tidak lagi bisa menangani lalu lintas yang tinggi. Pilihan Anda di sini dapat mencakup peningkatan ke Virtual Private Server (VPS) atau yang Dedicated Server. Terserah Anda untuk menimbang pilihan yang berbeda.

Seperti yang Anda ketahui, shared hosting menyimpan situs Anda di server dengan ratusan situs lainnya. Untuk blog pribadi atau bisnis yang sangat kecil, opsi ini cukup. Namun, itu bukan opsi terbaik untuk kinerja, dan Anda juga kehilangan fleksibilitas karena Anda tidak dapat mengonfigurasi sendiri ( karena Anda harus berbagi resource dengan orang lain ).

Di sisi lain, VPS memberi situs Anda ruang sendiri, terpisah dari situs lain, sambil tetap berbagi server. Karena situs Anda diblokir dari pengguna lain, kinerjanya kemungkinan akan lebih konsisten. Anda juga mendapatkan sedikit lebih banyak fleksibilitas dalam hal bagaimana server Anda dikonfigurasi.

Jenis paket ini dapat menawarkan kecepatan yang Anda butuhkan dengan biaya lebih rendah daripada dedicated server, dan merupakan jalan tengah yang baik bagi mereka yang ingin meningkatkan. Dedicated server cocok untuk rencana pilihan jika Anda membutuhkan daya paling besar namun dengan biaya yang agak besar dibanding VPS. Terlepas dari VPS atau dedicated server semua pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *